Blog yang berisi panduan, informasi, dan tips-tips tentang dunia perkuliahan yang bisa membantumu agar jadi Bintang Kampus

Selasa, 13 September 2016

Bingung Cari Sumber Tulisan untuk Karya Tulis Kamu? Coba 10 Website Ini!

Kadangkala kita kebingungan apa yang harus ditulis di karya tulis kita. Untuk menulis karya tulis ilmiah sumbernya bisa dari mana saja. Salah satunya adalah dari situs atau website penyedia jurnal ilmiah yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi karya tulis kamu.

Website apa sajakah itu?

karya tulis ilmiah, bintang kampus, sumber tulisan
Sumber : Unsplash.com

Inilah berbagai website penyedia jurnal ilmiah untuk karya tulis kamu:

1. Jurnal Online LIPI
[jurnal.lipi.go.id], sudah pada tahu LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu ingin cari jurnalnya tinggal kunjungi saja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah bisa gratis semua, Bahasa Indonesia pula.

2. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
[e-resources.perpusnas.go.id], Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut, pertama kita harus daftar dulu di web Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang sudah disewa sama Perpustakaan Nasional.

3. Directory of Open Access Journals
[doaj.org], Directory of Open Access Journals adalah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link menuju halaman jurnal internasional gratis. Jadi kita bisa juga mencari jurnal yang gratis lewat website yang satu ini, tinggal ketik jurnal apa yang akan kita cari, nanti doaj.org akan mencarikannya lewat data yang dimiliki.

4. Economics e-journal
[economics-ejournal.org], kalau kamu anak ekonomi dan kesulitan mencari jurnal tentang ilmu yang sedang kamu pelajari, bisa mampir kesini. Ada berbagai macam jurnal yang membahas tentang ekonomi makro dan mikro, ekonomi publik, kebijakan ekonomi, dan masih ada yang lain lagi.

5. Chemistry Central Journal
[journal.chemistrycentral.com], Chemistry Central Journal menyediakan jurnal gratis buat kamu. Jurnalnya membahas tentang ilmu kimia secara umum, meliputi seluruh aspek kimia deh.

6. Duke Enviromental Law and Policy Forum
[delpf.law.duke.edu], ini buat kamu yang kuliah di Fakultas Hukum. Duke Enviromental Law & Policy Forum tentunya menyediakan jurnal yang membahas tentang hukum.

7. International Organization of Scientific Research Journals
[iosrjournals.org], IOSR ini kepanjangannya adalah International Organization of Scientific Research. IOSR merupakan asosiasi ilmuan, peneliti, profesor, manajer, insinyur, yang bergelut di bidang farmasi, teknik, manajemen, ilmu terapan, dan matematika.

8. Science Direct
[sciencedirect.com], kalau website yang satu ini merupakan situs penyedia jurnal, buku, dan artikel. Yang gratis dan bisa dicari di bagian open access.

9. Library Genesis
[libgen.org], Library Genesis menyediakan jurnal gratis dari yang lama sampai yang baru. Bisa kamu download gratis nggak pakai bayar.

10. Mendeley
[mendeley.com], Mendeley ini situs penyedia jurnal gratis secara online. Untuk memudahkan akses, kamu bisa download software-nya di komputer kamu.


Sumber : Satujam.com dan Official Account Line iCampus Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Bintang Kampus | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com