Blog yang berisi panduan, informasi, dan tips-tips tentang dunia perkuliahan yang bisa membantumu agar jadi Bintang Kampus

Selasa, 13 September 2016

Punya Hobi Menarik? 10 Hobi ini Bisa Anda Cantumkan di CV

Banyak yang bilang kalau mencantumkan hobi di CV atau Curriculum Vitae alias daftar riwayat hidup adalah hal yang sia-sia. Sebab itu bukan termasuk prioritas dan hanya mengurangi space di CV saja.

Eits, tunggu dulu, sebenarnya tidak juga! Hobi tetap bermakna jika dicantumkan. Karena apa? Dari hobi pewawancara bisa tahu hobi dan kepribadian Anda yang sebenarnya. Pewawancara pun akan mengerti bagaimana harus memperlakukan Anda sebagai manusia.

Hobi menarik, CV, Bintang Kampus, lamaran kerja
Sumber : unsplash.com

Tapi tahukah Anda kalau ada hobi-hobi yang secara ilmiah sudah di approve oleh HRD sehingga layak dicantumkan di CV? Jangan ragu untuk mencantumkan 10 hobi ini!


1. Hobi Olahraga Ekstrem

Jangan takut dibilang gila kalau Anda hobinya menjajal olahraga ekstrem, karena itu pertanda Anda jago menghitung resiko.

Kalau Anda kebetulan adalah pesepeda gunung, sky diving, atau bungee jumping, selamat!

Cantumkan hobi Anda itu ke dalam CV karena itu akan menarik HRD perusahaan yang Anda lamar untuk bisa menerima Anda.

Karena...

Mereka yang hobi olahraga ekstrem biasanya adalah pandai menghitung resiko, Anda tidak takut dengan sesuatu yang tidak dikenali, dan disiplin. Orang yang punya hobi ekstrem juga punya jiwa kepemimpinan.


2. Hobi Yoga

Sepertinya Anda layak banget menjadikan yoga sebagai hobi baru Anda, melatih Anda supaya bisa mengendalikan diri.

Jika Anda berniat melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, public relation, atau bidang lain yang ritme kerjanya hectic, sebaiknya mulai jadikan yoga sebagai hobi deh. Supaya hobi itu bisa Anda cantumkan di CV dan membuat HRD perusahaan tersebut tertarik dengan Anda.

Kenapa bisa begitu?

Sebab orang yang punya hobi yoga biasanya mempunyai kemampuan untuk mengendalikan diri dan lebih tahan banting ketika bekerja di bawah tekanan.



3. Hobi Videografi

Selamat buat Anda yang sudah mempunyai hobi sekaligus keterampilan Videografi!

Bisa membuat Manajer Personalia (HRD) terkesima.

Kalau sudah punya hobi yang juga merangkap sebagai skill ini, sama saja artinya kemungkinan yang cukup besar untuk Anda bisa diterima di perusahaan. Apalagi kalau Anda melamar di stasiun TV, dijamin deh Anda punya nilai lebih dibandingkan dengan kandidat yang lain.

Seperti yang sudah diketahui, kemampuan merekam dan mengedit video sangat dibutuhkan di stasiun TV. Entah itu untuk posisi camera person, asisten produksi, atau reporter sekalipun.


4. Hobi Nge-Blog

Siapa sangka kalau hobi nge-blog bisa memuluskan Anda menuju karir impian?

Mulai sekarang sering-sering deh rawat blog pribadi Anda!

Sama seperti videografi, hobi nge-blog juga tergolong sebuah keterampilan. Karena itu, buat Anda yang kebetulan mempunyai niatan untuk melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi atau marketing, wajib deh mencantumkan hobi Anda yang satu ini. Apalagi kalau melamar sebagai content writer di sebuah startup.

Pastikan blog pribadi Anda berisi tulisan (bisa berupa tulisan pengalaman, info menarik, tentang perkuliahan, atau tulisan yang ringan seperti curhatan pribadi tidak apa-apa) yang penting isi tulisannya yang positif dan berkualitas ya.

Siapa tahu HRD perusahaan yang Anda lamar mengecek postingan-postingan Anda.


5. Hobi Mendaki Gunung

Anda yang hobi mendaki gunung biasanya mempunyai kepribadian yang kuat, anak gunung wajib bangga nih!

Jangan ragu untuk mencantumkan ke dalam CV Anda kalau hobi Anda adalah mendaki gunung. Ya, ini menunjukkan kalau Anda adalah pribadi yang kuat bin tangguh, serta berkemauan keras. Terlebih buat Anda yang berniat melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang travel. Meski Anda belum mempunyai pengalaman profesional di bidang tersebut, tapi kalau Anda mencantumkan mendaki gunung sebagai hobi di CV, itu sama saja mewakili minat Anda dan termasuk juga sebagai pengalaman di bidang travel.


6. Hobi Fotografi

Berbahagialah Anda yang punya hobi fotografi, sebab itu bisa membuat CV Anda terlihat cemerlang.

Punya hobi cekrek-cekrek?

Jangan lupa untuk mencantumkan hobi Anda yang satu ini ke dalam CV Anda. Terlebih untuk Anda yang ingin melamar di perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Hobi yang juga termasuk keahlian ini menggabungkan kreativitas dan kesabaran.

Jika kebetulan, sekali lagi jika kebetulan, Anda adalah orang yang rajin mengunggah hasil jepretan Anda di Instagram atau Path milik Anda, pastikan juga untuk mencantumkan link sosmed Anda ya.

Karena siapa tahu manajer personalianya mampir di Instagram atau Path Anda dan makin tertarik untuk merekrut Anda.


7. Hobi Berkebun

Hobi berkebun atau menanam tidak hanya kekinian, tapi juga bisa membuat si HRD terkesan.

Buat Anda yang berencana melamar (baik itu sebagai karyawan tetap atau magang) ke perusahaan yang fokus pada lingkungan hidup, ada baikmya mulai menjajal berkebun deh. Kalau sudah menjadikan aktivitas yang satu ini sebagai sebuah hobi dan dicantumkan di CV, Anda akan dipandang sebagai pelamar yang benar-benar peduli dengan alam dan lingkungan.

Tidak harus melamar ke perusahaan yang bergerak di lingkungan saja sih, perusahaan di bidang lain juga akan terkesan dengan hobi Anda yang bersinggungan dengan tanah dan tanaman. (Mungkin ini cocok buat Anda yang belum pernah bersinggungan dengan cewek, daripada bengong mending mainin tanah sama tanaman daripada mainin cewek, ya nggak?)



8. Hobi Melukis


Dari dulu, mereka yang mempunyai hobi melukis selalu dipandang sebagai pribadi yang berkarakter, nyeni banget gitu.

Buat Anda yang kebetulan hobi melukis, jangan segan untuk mencantumkan hobi yang anggun satu ini pada CV Anda.

Karena...

Mereka yang hobi melukis biasanya mempunyai selera seni yang tinggi dan cenderung bijak. Tidak gampang panik saat masalah menghadang.


9. Hobi Bermain Alat Musik

Orang yang hobi bermain alat musik instrumen biasanya gampang banget buat orang lain jatuh hati.

Cantumkan hobi Anda bermain gitar klasik atau biola dalam CV Anda. Bukannya pencitraan, tapi bisa memainkan alat musik itu, selain dipandang sebagai sebuah skill, juga mencerminkan sifat fokus, penuh dedikasi, serta disiplin.


10. Hobi Membuat Scrapbook

Hobi membuat scrapbook di waktu luang bisa membuat kreativitasmu naik kelas!

Hayoo siapa yang hobi buat scrapbook?

Acungkan tangan yang doyan banget merangkai foto-foto menjadi scrapbook!

Mereka yang mempunyai hobi seperti ini biasanya kreatif dan artsy banget nih. Hobi semacam ini mempunyai nilai lebih kalau dicantumkan dalam daftar riwayat hidup Anda.


Hobi tidak hanya mencerminkan karakter seseorang, tapi juga bisa membuat para pengambil keputusan perusahaan jadi terkesan. Maka dari itu, jangan ragu untuk menceritakan hobi di CV Anda!

Apalagi kalau hobi Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar, bisa-bisa membuat sang HRD gampang sayang. Hehehe.


Sumber : Hipwee dan Akun Official Line iCampus Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Bintang Kampus | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com