Blog yang berisi panduan, informasi, dan tips-tips tentang dunia perkuliahan yang bisa membantumu agar jadi Bintang Kampus

Selasa, 13 September 2016

Manakah Kamu Dari 10 Tipe Mahasiswa Menjelang Deadline Tugas?

Sebagai mahasiswa, tugas sudah merupakan separuh jiwa dari mereka. Tugas yang bertubi-tubi silih berganti berdatangan menghampiri dan tak bisa dikelak mau tidak mau harus diselesaikan demi nilai yang kadang tak sebanding dengan yang mereka kerjakan. Namun, tugas-tugas itu kadang lebih suka mereka buat menumpuk dan akan mereka biarkan tanpa progress hingga detik-detik menjelang deadline.

Dikasih tugas dari jauh-jauh hari, mereka malah lebih senang mengerjakan sehari hingga sejam sebelum waktunya untuk ngumpulin. Biar greget dan nantang gitu kali ya? Nah, terus gimana tuh jenis-jenis mereka disaat sudah mepet dengan waktunya pengumpulan.


Penasaran?

tipe mahasiswa deadline, bintang kampus, tugas kuliah
Sumber : gratisography.com

Berikut tipe-tipe mahasiswa menjelang deadline tugas yang biasa hadir di kampusmu.

1. Mahasiswa Luar Biasa
Kalau yang ini sih, biasanya mahasiswa yang rajin banget, gak pernah bolos, semua tugas dikerjakan sudah dari kapan tau. Jadi, detik-detik menjelang deadline dia sudah nyantai dan kadang dengan senang hati mengajarkan dan memberi contekan. Sayangnya, biasanya makhluk seperti ini jarang yang bermunculan di fakulyas teknik, apalagi cowo-cowonya.


2. Mahasiswa Luar Binasa

Tipe yang ini rajinnya sama kaya yang di atas. Bedanya, si tipe ini pelit banget buat ngasih contekan ke kita saking gak mau kesaing nilainya. Biasanya mereka bakalan kasih alibi "belum, aku belum mulai ngerjain kok", padahal diem-diem sudah ngumpulin langsung ke meja dosen.


3. Mahasiswa Terkantuk-kantuk

Tipe yang ini sebenarnya agak kasian sih, malam-malam menjelang deadline dia malah kena hasutan setan yang membuat dia ngerjain tugas sambil ngantuk-ngantuk. Biasanya dia bakal bolak-balik tidur dan kebangun di atas tugasnya, demi memperjuangkan tugasnya hingga selesai. Salut deh!


4. Mahasiswa Biasa Saja

Mahasiswa yang kaya gini, ya kaya mahasiswa-mahasiswa kepepet lainnya. Berusaha mengerjakan tugas malamnya, eh ketiduran. Terus paginya pas bangun, panik sendiri karena tugasnya belum kelar. Akhirnya dia mau gak mau harus datang cepat dan bergerilya mencari-cari contekan, ataupun minta diajari teman supaya cepat selesai.

Mahasiswa kaya gini yang paling banyak ada di kampus dan paling apa adanya. Kalau belum siap, yang bilang gak siap. Kalau sudah siap, biasanya mereka suka mengerjakan tugas yang belum.

5. Mahasiswa Tukang Cari Teman Senasib
Naah, ini nih yang nyebelin. Kerjaannya menghasut teman buat ngerjain tugasnya besok-besok aja. Nanti dia bakal ajak temannya itu untuk nongkrong bareng sampai sama-sama lupa kalau ada tugas. Pas sudah detik-detik menjelang deadline, dia bakal senang karena dia gak akan panik sendirian. Hati-hati ya gengs!

6. Mahasiswa Tukang Cari Teman Senasib (Tapi Bohong)
Ini lebih nyebelin lagi! Dia bakalan cari-cari teman yang sama-sama belum mengerjakan ataupun belum siap mengumpulkan tugas biar ada teman untuk panik. Dia biasanya bakal bilang "Kumpulinnya besok-besok aja ya bareng gue?", "Minggu depan deh minggu depan ya?", "Pas deadline aja kita". Terus, temannya akan terhasut dan meng-iya-kan.

Eh, tiba-tiba pas temannya tanya lagi kapan bakal mengumpulkan tugasnya dan mengajak mengerjakan bersama sehari sebelum deadline, dia malah bilang "Waduh, sorry banget gue udah ngumpulin tiga hari yang lalu tuh ke meja dosen langsung."

Tipe ini benar-benar harus kalian waspadai dan jangan sampai kamu jadi salah satu korbannya.

7. Mahasiswa Tukang "Ngopi"
"Tugas udah belom? Gue copy ya kalau udah." Mending kamu jauh-jauh dari mahasiswa yang tipenya seperti ini kalau sudah menjelang deadline, karena dia kalau ngopi tugas kamu bakal nggak tanggung-tanggung! Samapi referensi dan gambar juga di copy. Masih bagus kalau sebelum mengumpulkan dia edit-edit dulu, kalau nggak? Bisa-bisa nilai kamu yang kena korting sama dosen gara-gara ulahnya.

8. Mahasiswa Pasrah
Kalau yang ini,. benar-benar sudah tidak punya semangat hidup untuk mengerjakan tugas lagi sepertinya. Tipe ini bakalan mengumpulkan tugas seada-adanya banget, bahkan mungkin kalau dia baru mulai menulis judul atau buat cover juga dikumpulin kali. Dia biasanya senang untuk bilang "Ah, tugas mulu! Capek, mau nikah aja rasanya!!!," padahal calon saja belum punya hehehe.


9. Mahasiswa Pintar Mencari Rejeki (Tidak disarankan)

Mencari rejeki juga bisa kamu lakukan sembari kuliah loh, apalagi saat-saat ada tugas begini. Mahasiswa yang rajin dan cerdik akan memanfaatkan kesempatan utnk menawarkan jasa joki ke mereka yang belum mengerjakan tugasnya. Biasanya, tugas-tugas yang dimanfaatkan ini tugas besar seperti desain dan makalah. Mereka akan mempunyai target-target mahasiswa yang selalu saja terlambat untuk memulai suatu tugas atau malah sudah males dari awal untuk menyentuh tugas itu.

Harga yang dipatok pun bervariasi dengan deadline, kualitas, dan suliynya tugas yang dijokikan tersebut. Tipe mahasiswa ini benar-benar cerdik mencari celah untuk mendapatkan uang. Tapi cara ini tidak recommended banget buat kalian, karena sebagus apapun hasil yang dikerjakan oleh si joki, masih lebih bagus dan sempurna hasil karya kalian sendiri. Karena karya sendiri itu akan membuat kepuasan tersendiri gitu bagi yang mengerjakan, assseeek!!! Hehe

10. Mahasiswa Penuh Keberuntungan
Terakhir, ada mahasiswa yang bisa dibilang beruntung terus. Bisa jadi tipe ini diwakilkan oleh mahasiswa yang kelupaan atau telat mengerjakan tugas, eh si dosen juga lupa atau gak masuk kelas. Bisa jadi juga tipe ini mahasiswa yang dapat kelompok tugas yang isinya anak-anak rajin semua hingga ia tinggal menunggu hasil akhir untuk dikumpulkan ke dosen atau dipresentasikan.

Bisa jadi juga, mahasiswa ini adalah mahasiswa yang kerjaannya copy-paste tugas orang, tapi nilainya lebih bagus daripada yang dicopy tersebut. Waaah, beruntungnya kebangetan kamu yaa!

Nah, itu dia tipe-tipe mahasiswa saat menjelang deadline tugas, kalau kamu tipe yang mana?

Sebagai mahasiswa, mengerjakan tugas mepet-mepet dengan deadline memang sudah seperti kodrat bagi mereka. Tapi, sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik untuk dipertahankan terus menerus. Sebagai mahasiswa, kamu harus belajar menghargai dan membagi waktu dengan baik.

Memangnya gak capek apa kejar-kejaran terus dengan deadline?


Sumber : Rubrik Opini dan Official Account Line iCampus Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Bintang Kampus | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com