Blog yang berisi panduan, informasi, dan tips-tips tentang dunia perkuliahan yang bisa membantumu agar jadi Bintang Kampus

Selasa, 13 September 2016

Libur Kuliah Telah Datang, Lalu Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Pada kesempatan kali ini BintangKampus akan membicarakan tentang libur kuliah dan kebetuan lagi libur kuliah moment ini adalah moment yang pas untuk berbagi tips buat teman-teman yang lagi gabut, galau, nganggur, malas-malasan di rumah, tidur seharian, sedirian di rumah, dan punya penderitaan yang lainnya saat liburan, ini cocok banget buat mengurangi penderitaan kamu, hehe.

Bintang Kampus, Libur Kuliah, Fisip, Ilmu Komunikasi
Sumber: nyunyu.com
Kalau kita berbicara mengenai libur kuliah, libur sekolah, libur kerja, pasti dibenak kalian akan kepikiran untuk pulang ke kampung halaman, tidur sepuasnya, ngegame sepuasnya, nonton sepuasnya, dan hal-hal yang menganggurkan lainnya.

Don't do a bad thing..(<--lagi belajar bahasa inggris)

Ketahuilah teman, justru waktu-waktu seperti inilah yang harus kita manfaatkan untuk bisa mengembangkan diri kita dan membuat kita lebih baik dari sebelumnya. Jangan sampai karena berlimpahnya waktu saat liburan kita malah keasyikan untuk membuang waktu yang kita punya. Carilah kegiatan-kegiatan positif yang bisa membuatmu semakin ahli dalam bidang yang kamu tekuni.

Untuk itu, bacalah 7 tips di bawah ini yang bisa kamu praktekkan langsung ketika liburan melanda dirimu:

1. Asah Potensi dan Bakatmu

Kalau kalian punya minat dan bakat pada bidang tertentu, saat-saat liburanlah kamu bisa memanfaatkan moment ini untuk mengasah bakatmu. Misalnya saja kamu senang menulis (seperti saya, hehe) ya tulislah apa saja yang ingin kamu tulis. Bisa di blogspot, bisa di note, bisa di manapun, hal ini akan meningkatkan keterampilanmu dalam menulis.

Kalian bisa share tulisan kalian ke media sosial atau media yang lainnya misal media cetak. Kalau kamu kirim ke media cetak kali-kali tulisan kamu diterima, kan lumayan tuh bisa dapat duit, kalau berbagi ke media sosial kali-kali ada orang yang suka sama tulisan kamu dan dia mengontrak kamu sebagai penulis di perusahaannya, hmmm saya ngarep banget ini, hehe.

Atau kalian yang punya bakat lain misalnya menyanyi, asahlah keterampilan vokalmu, bisa dengan mengikuti les vokal, atau dengan melihat video tutorial cara bernyanyi yang benar di Yusuf, eh bukan Youtube, haha.

Bagi yang suka memotret kalian bisa jalan-jalan mengambil gambar dan moment yang pas untuk kalian jadikan hasil karya sekaligus bisa menambah keahlian kamu dalam mengambil foto. Berkreatiflah untuk memanfaatkan waktumu dengan sebaik-baiknya. Semangat mengembangkan diri :).

2. Belajar Hal yang Baru atau yang Belum Diketahui

Siapa bilang kalau belajar itu hanya saat kita kuliah saja? No....

Saat liburan pun kita masih bisa belajar, belajar itu tidak harus dari buku, bisa dari pengalaman yang kita punya punya, dari orang-orang sukses, dari keluarga dan kerabat, dan dari lingkungan. Bagi kalian yang masih bingung pelajaran saat kuliah, kalian bisa mereview atau meringkas ulang pelajaran yang belum kalian kuasai agar lebih paham lagi.

Buat hari-harimu lebih bermakna dengan menambah ilmu baru. Entah itu bisa kalian dapatkan dari video tutorial di Youtube atau sumber yang lainnya. Jujur, di Youtube banyak sekali video pembelajaran dari orang-orang yang berpengalaman yang disebarkan secara gratis (cuman modal internet, hehe).

Atau kamu bisa jadi guru atau pengajar di tempat kamu. Kalau ini pertama kali buat kamu jadilah guru sukarela bagi adik atau saudara kamu, ini bisa jadi hal yang baru buat kamu. Dan kalau kamu sudah sering melakukan hal ini, carilah orang yang membuka les privat atau promosikan dirimu ke media sosial bahwa kamu butuh pekerjaan sampingan sebagai guru privat. 

3. Rencanakan Strategi Kuliahmu di Semester Depan

Ini dia, bisa jadi bahan referensi buat kamu kalau di semester sebelumnya nilai kamu itu jelek atau biasa-biasa saja dan menginginkan di semester depan nilai kamu bisa meningkat. Aturlah strategi yang berbeda dari temanmu, kalau biasanya kamu pasif di kelas, sering-seringlah bertanya saat dosen menerangkan materi pelajaran. Dengan begitu dosen akan lebih mengenalmu karena kamu sering berpartisipasi di dalam kelas dan kemungkinan nilai kamu bisa bertambah karena keaktifanmu,

Kalau kalian biasanya mengerjakan tugas dengan asal-asalan dan tidak tepat waktu, kali ini buatlah strategi supaya tugas kamu bisa diselesaikan dengan hasil yang maksimal dan bisa tepat waktu. Bisa dengan dikerjakan saat waktu sepertiga malam selesai sholat Tahajud (hehe, alim banget nih orang) atau sepulang kuliah kamu langsung kerjakan tuh tugas kamu. Jangan ditunda-tunda, masih banyak tugas yang menanti kamu.

Bagi kalian yang suka mengerjakan tugas saat deadline sudah tiba, tidak masalah, asalkan kalian bisa mengerjakan tugas tersebut dengan maksimal, tapi yang lebih baik adalah di awal waktu. Bukankah Allah telah menyuruh kita untuk menyelesaikan suatu urusan di awal waktu, aseeeeeek. Maka dari itu, Bergegaslah!

4. Rencanakan dan Mulai Usaha Kecil-Kecilan

Kalau kalian ada yang punya modal untuk buka usaha sampingan, lakukanlah. Ini adalah hal yang positif bagi kalian yang ingin belajar bagaimana caranya berwirausaha. Bisa jualan di sekitar rumah, atau jadi reseller atau penjual produk orang lain, dan yang makin populer saat ini dalam bisnis online adalah affiliate marketing bagi kamu yang belum punya modal usaha.

Carilah usaha yang sekiranya tidak memberatkan kamu ketika kamu sudah mulai masuk kuliah dan usaha yang kamu jalankan masih tetap berjalan. Misalnya saja reseller tadi, atau jadi dropshipper tanpa harus kita pusing-pusing memikirkan stok barang.

Siapa tahu dari usaha yang kita buat bisa membantu meringankan beban uang kuliah kita di semester depan tanpa minta ke orang tua alias hasil kerja sendiri, kereen kan. Jadilah entrepreneur baru, jangan takut dengan pengusaha yang sudah besar. Banyak pengusaha besar bisa dikalahkan oleh pengusaha kecil karena kreatifitas, inovasi, dan semangat yang mereka miliki.

Teruslah mencoba, jangan takut gagal. Entrepreneur sejati, gagal 10x bangkit 11 x (Ir. Ciputra).

5. Cari Pekerjaan Sementara atau Jadi Freelancer

Ya, cari pekerjaan sementara atau serabutan atau bahasa kerennya jadi freelancer. Banyak situs yang menyediakan pekerjaan bagi freelancer ini. Beberapa contohnya adalah freelancer.com yang menyediakan banyak sekali pekerjaan dari seluruh dunia, Sribulancer.com dan Projects.co.id. Dengan menjadi freelancer di sana akan meningkatkan keterampilan dan wawasanmu mengenai dunia kerja dan pastinya bisa menghasilkan uang.

6. Cari Informasi Mengenai Beasiswa

Bagi kalian yang ingin memburu beasiswa tidaklah salah tips ini kalau dijalankan. Memang tidak banyak beasiswa yang membuka programnya selama masa libur kuliah. Tapi apa salahnya jika kita mencoba mencari beasiswa yang akan dibuka saat kita mulai kuliah nanti. Pasti ada, baik itu dari pihak pemerintah, perusahaan swasta, atau program dari yayasan.

Carilah info sebanyak-banyaknya, memang tidak dibutuhkan saat ini tapi suatu saat akan dibutuhkan. Semangat :)

7. Liburan ke Luar Kota

Ini adalah tips yang menyenangkan sekaligus menarik buat kalian. Pasti semua orang akan senang bila mendengar kata liburan apalagi liburannya ke luar kota. Liburan memang merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi beban stress saat kita kuliah. Ada yang liburan dengan keluarga, ada yang dengan teman sekelas, ada yang dengan rombongan kampungnya, semuanya terserah kalian, yang penting liburan yang kalian jalani sesuai dengan isi kantong kalian.


Jangan terlalu memaksakan diri karena ingin pamer foto ke teman kalau kita sedang liburan di suatu tempat yang mewah, tapi kitanya sendiri merogoh kocek yang tidak sesuai dengan kemampuan.

Dan akhirnya,....

Sudah terlalu panjang yah pembahasan kita kali ini. Kalian bisa pilih salah satu cara di atas untuk kalian aplikasikan selama masa liburan kalian. Jadilah manusia yang selalu produktif, terus berkarya, dan selalu membuat orang lain tersenyum bahagia.

Semoga apa yang BintangKampus paparkan di atas bisa bermanfaat dan membantu kegelisahan kalian ketika liburan, hehe.

Sampai jumpa di artikel BintangKampus selanjutnya. Kalau kalian ada tips yang lainnya selain tips di atas silakan komen di bawah ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Bintang Kampus | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com