Blog yang berisi panduan, informasi, dan tips-tips tentang dunia perkuliahan yang bisa membantumu agar jadi Bintang Kampus

Selasa, 13 September 2016

5 Perbedaan Umum Rasanya Belajar di Waktu SMA dan Kuliah

Teman-teman yang BintangKampus banggakan, tidak terasa waktu pendaftaran kuliah kemarin telah usai, bahkan di beberapa universitas sudah melaksanakan adatnya yaitu memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa barunya.

Umumnya ketika kita merasakan lingkungan yang baru, kita akan merasakan yang namanya "culture shock" atau rasa kaget karena melakukan kebiasaan yang berbeda dari biasanya. Masa peralihan dari SMA atau SMK ke dunia kampus sangat jauh sekali. Banyak hal-hal berbeda yang bisa kita jumpai saat kuliah dengan saat SMA.

Bedanya belajar di SMA dengan kuliah, jadi mahasiswa baru, Bintang Kampus
Sumber : Unsplash.com
Banyak remaja yang bilang, masa putih abu-abu adalah saat-saat yang menyenangkan, karena bisa mencari sahabat, pasangan, gila-gilaan, bereksperimen, dan lain sebagainya.

Padahal perlu kalian tahu, di dunia perkuliahan lah saat-saat yang menyenangkan itu dimulai. Kalian bisa cari sahabat dan pasangan sejati kalian yang sebenarnya mana yang setia untuk menemani dan membantu kalian saat dalam menyelesaikan masalah di perkuliahan. Karena di kuliah itu sesungguhnya tugas yang diberikan jauh lebih sulit dari waktu kita SMA.

Di waktu kuliah, bagi kalian yang study di luar kota atau luar negeri, rasa rindu dengan rumah dan orang tua akan meningkat karena kalian berpisah dengan mereka untuk tinggal sementara di luar kota atau luar negeri. Mungkin karena inilah, banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk pulang ketika tidak ada dosen atau kegiatan di kampus. Mental kalian akan dilatih mandiri pada waktu kuliah ketimbang di saat SMA.

Kembali lagi ke pembahasan awal, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai 4 perbedaan umum rasanya belajar semasa SMA dan kuliah.  Seperti yang saya katakan tadi, kehidupan saat SMA dan kuliah itu sangat berbeda.

Lalu seperi apakah perbedaanya? Simak terus yuk ulasan saya di bawah ini.

1. Tugas kuliah itu lebih sulit dibandingkan tugas saat SMA


Bedanya belajar di SMA dengan kuliah, jadi mahasiswa baru, Bintang Kampus
Sumber : unsplash.com
Bagi kalian yang sudah kuliah pasti bisa merasakan hal ini. Berdasarkan pengalaman saya saat pertama kali menjalani kuliah, awalnya terasa berat karena apa yang diterangkan oleh dosen dan materi yang diberikan mengandung kata-kata asing bagi saya yang tidak saya mengerti.

Tapi bukan berarti ini menjadi hambatan bagi saya. Karena dengan adanya hal ini, membuat saya menjadi penasaran dengan kata-kata asing tersebut dan mencoba mencari arti dari kata tersebut di kamus terjemahan, dengan begitu saya menjadi tahu dan mendapat kosakata baru.

Pemberian tugas dengan deadline yang mepet akan kalian jumpai di waktu kuliah. Memang sih di waktu SMA juga ada batas waktu pengumpulan tugasnya tapi ingat sekali lagi tugas di kuliah lebih sulit dari kalian saat SMA. Kalian dituntut untuk bisa membagi waktu untuk mengerjakan tugas kalian dengan baik.

Dengan adanya deadline tugas yang diberikan menyebabkan porsi belajar kalian akan bertambah pula. Tidak usah khawatir, kalian pasti bisa mengerjakan semua tugas yang diberikan dengan baik asalkan kalian serius dalam mengerjakannya. Ada banyak sumber informasi di internet yang bisa kalian ambil untuk membantu proses pengerjaan tugas.

Selain itu, kalian dituntut untuk lebih aktif bertanya saat kuliah dibanding saat SMA. Aktif di sini berarti sering bertanya tentang pelajaran atau tugas yang tidak kalian ketahui kepada dosen atau teman yang sudah mengerti. Kalian harus bekerja keras dsn semangat dalam mengerjakannya.

2. Kehadiran di kelas


Bedanya belajar di SMA dengan kuliah, jadi mahasiswa baru, Bintang Kampus
Sumber : unsplash.com
Seringkali ketika waktu pelajaran sudah di mulai dan semua mahasiswa sudah siap dengan bukunya dan duduk di atas kursinya masing-masing, sang dosen tidak bisa hadir di kelas karena ada suatu urusan. Akhirnya pilihan yang banyak diambil mahasiswa adalah bersenang-senang entah itu nge-game, jalan-jalan, pulang ke rumah, balik ke kostan, atau tidur di kelas (-_-). Padahal saat-saat seperti inilah kalian bisa manfaatkan untuk menyelesaikan tugas kalian atau berdiskusi dengan teman tentang topik tertentu.

Atau yang sering terjadi ketika dosen tidak hadir di kelas dan kelas diamanatkan dosen untuk tetap berlanjut karena ada kegiatan presentasi dari suatu kelompok, banyak mahasiswa yang tergoda untuk lebih memilih tidak hadir di kelas dan titip absent kepada temannya, padahal yang presentasi adalah kelompoknya sendiri, hehe, makan gaji buta. Hal ini berbeda ketika kita saat SMA dulu yang diwajibkan untuk mengikuti setiap sesi mata pelajaran.

3. Cara pengajaran dan penilaian guru dengan dosen itu berbeda


Bedanya belajar di SMA dengan kuliah, jadi mahasiswa baru, Bintang Kampus
Sumber : unsplash.com
Apa bedanya guru di SMA dengan dosen kita di kampus?  Beda pangkat, hehe

Tidak hanya itu, kalian bisa perhatikan cara pengajaran guru di SMA dan di sekolah sebelumnya adalah ketika ada siswa yang belum mengerti tentang pelajaran yang diberikan, guru tersebut akan terus mendorong siswa itu agar bisa paham dan memastikan semua siswanya sudah paham tentang materi yang dia berikan. Oh iya, jangan remehkan guru-guru SD, SMP, dan SMA kita loh, karena tanpa jasa mereka kita tidak akan bisa kuliah, right?

Beda halnya dengan dosen, dosen hanya memberikan penjelasan singkat dari mata kuliah yang diberikan. Jangan harap dosen akan memberikan penjelasan yang lengkap, kecuali di antara kalian ada yang aktif bertanya. Dosen akan merasa "bodo amat", ketika dia menerangkan di depan kelas kalian sibuk memperhatikan atau sibuk main sendiri, terserah kalian pilih mana. Tapi ingat, seperti yang saya katakan di atas kalian harus aktif bertanya tentang hal yang belum kalian mengerti.

4. Bebas berpakaian model apapun dan memanjangkan rambut (bagi laki-laki) asalkan rapi dan sopan


Bedanya belajar di SMA dengan kuliah, jadi mahasiswa baru, Bintang Kampus
Sumber : unsplash.com
Kabar baikya, kalian boleh memakai model pakaian apapun saat kuliah asalkan cara berpakaiannya yang rapi dan sopan. Mau pakaian itu tidak dicuci 3 hari kek, 1 minggu kek, 1 bulan kek (hehe, jangan, kasian teman kalian yang tersiksa baunya).

Kebanyakan kampus menganjurkan mahasiswanya untuk memakai pakaian berkerah baik itu kemeja atau kaos berkerah dan celana jeans yang berwarna gelap atau celana polos gelap. Dan untuk masalah rambut kebanyakan teman saya yang laki-laki memanjangkan rambut mereka entah apa alasannya, malas untuk potong atau lupa potong rambut.

Namun hanya beberapa universitas yang membolehkan mahasiswanya memiliki rambut panjang, mungkin untuk universitas yang di negeri dan swasta saja, untuk yang di sekolah kedinasan mungkin tidak diperbolehkan.

Berbeda halnya saat SMA, kita diwajibkan untuk memakai seragam dari sekolah dengan atribut yang lengkap dan rambut harus rapi alias tidak boleh panjang. Kalau tidak lengkap dan rambut terlalu panjang akan diberi hukuman oleh Satpol PP sekolah, hehe.

5. Ujian

Bedanya belajar di SMA dengan kuliah, jadi mahasiswa baru, Bintang Kampus
Sumber : unsplash.com
Kalau pada saat SMA sering sekali diadakan ujian, kalau di saat kuliah ujian ini jarang dilakukan. Tapi ujian di kuliah ini akan menentukan nilai IPK kalian di semester berikutnya. Jadi jangan malas-malasan, buatlah rencana dan startegimu untuk bisa mendapatkan nilai IPK yang memuaskan.

Tips dari saya, catatlah setiap apa yang disampaikan oleh dosen di depan kelas. Jangan dari buku, biasanya soal-soal ujian yang keluar berdasarkan apa yang disampaikan oleh dosen bukan dari buku.

Memang nilai IPK bukanlah penentu kesuksesan kita, tapi dengan IPK yang tinggi kita bisa memberikan hadiah manis untuk kedua orang tua kita dan biasanya perusahaan-perusahaan yang akan mencari karyawan baru akan menetapkan berapa IPK yang harus dimiliki pelamar, oleh karena itu, dengan IPK yang mencukupi kita akan jauh lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Baiklah teman, itu dia sedikit informasi dari saya mengenai rasanya perbedaan belajar di waktu SMA dan kuliah. Memang di waktu kuliah kalian bisa bebas semau kalian, pakaian bebas, rambut model bebas, berbeda dengan saat SMA.

Tapi, dengan kebebasan itu jangan sampai kalian larut dalam keterlenaan. Manfaatkanlah waktumu di perkuliahan dengan baik dan maksimalkan potensi kalian di kampus. Karena dengan cara itulah kalian bersyukur bisa merasakan pendidikan yang tinggi dibanding dengan teman kalian yang kurang beruntung, hmmmm syedih :(.


Oke sekian dulu dari saya terima kasih telah membaca sampai akhir artikel ini. Jangan lupa berkunjung kembali. Terima kasih banyak dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Bintang Kampus | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com