Blog yang berisi panduan, informasi, dan tips-tips tentang dunia perkuliahan yang bisa membantumu agar jadi Bintang Kampus

Selasa, 13 September 2016

Pengantar Ilmu Manajemen

Kalian tahu apa itu manajemen? atau pernah belajar manajemen? atau sudah mengerti tapi tidak tahu dalam pelaksanaannya? atau sudah melaksanakan tapi tidak tahu kalau itu adalah bagian dari manajemen? atau tidak tahu sama sekali? Ini saatnya kalian tahu apa itu ilmu manajemen.

Di artikel ini BintangKampus akan mencoba untuk menjelaskan kepada kalian apa itu manajemen. Di artikel kali ini akan membahas apa itu ilmu manajemen, manfaat ilmu manajemen bagi kehidupan, dan jenis-jenis manajemen.


Pengantar Ilmu Manajemen, Fisip, Ilmu Komunikasi, Bintang Kampus
Sumber : Unsplash.com
Sebenarnya ilmu manajemen sangat berguna sekali untuk kehidupan kita, maka dari itu hampir di setiap jurusan di perkuliahan ada mata kuliah yang namanya pengantar ilmu manajemen. Di jurusan komunikasi ada, di jurusan hukum ada, di jurusan teknik ada, di pendidikan apalagi, di jurusan sastra pun ada, bahkan di dunia keartisan pun ada manajemennya untuk mengatur jadwal tampil dan segala macamnya. Makanya, tak heran jika ilmu manajemen dijadikan jurusan tersendiri sekarang.

Jadi manajemen tidak hanya mengurus tentang sumber daya alam, sumber daya manusia, keuangan, administrasi, perencanaan, pendidikan, dan waktu. Tapi juga yang telah disebutkan di atas di setiap lapisan kehidupan kita membutuhan ilmu manajemen yang baik. Karena apa jadinya bila kita tidak bisa memanage atau mengatur kehidupan kita dengan baik, kita akan kebingungan mau mengerjakan yang mana dahulu, kita akan pusing dengan keribetan yang ada.

Contohnya saja di jurusan yang saya dalami sekarang, di dalam komunikasi pun ada ilmu manajemennya. Kok bisa? Bukanya kita tinggal berbicara saja mengapa harus belajar manajemen di ilmu komunikasi? Padahal, manajemen hanya ada di jurusan ekonomi atau di jurusan bisnis lainnya.

Namun, ternyata manajemen dalam ilmu komunikasi itu sangat dibutuhkan agar tujuan berkomunikasi itu bisa terwujud dengan baik.

Misalnya saja, terkait dengan tujuan ilmu komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan keharmonisan di antara para pelaku komunikasi. Situasi harmonis berupa terciptanya common meaning atau arti yang umum sehingga semua orang paham dan mutual understanding. Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan manajemen dalam pengelolaan komunikasi.

A. PENGERTIAN MANAJEMEN

Oh iya, kata manajemen sendiri berasal dari Bahasa Inggris, "manage" yang artinya mengelola atau mengurus. mengendalikan, mengusahakan, dan juga memimpin. Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama-sama dengan orang-orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi.

Ada banyak pendapat yang diutarakan para ahli manajemen tentang pengertian manajemen. Oleh karena itu, perbedaan pengertian manajemen yang ada terdiri atas beberapa segi.

  • Pengertian manajemen ditinjau dari segi seni
Dikemukakan oleh Mary Parker FolletFollet berpendapat bahwa pengertian manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan orang lain.

  • Pengertian manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan
Dikemukakan oleh Luther GulickGulick mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.

  • Pengertian Manajemen ditinjau dari segi proses
Menurut James A.F. Stoner definisi manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership), dan pengawasan (controlling) dari kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.

Ada juga beberapa pengertian manajemen menurut ahli manajemen yang lainnya, di antaranya:

  • S.P. Siagian
Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

  • Stephen P. Robin
Proses pengkoordinasian kegiatan-kegiatan pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan.

Nah, dari semua pengertian manajemen di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa tujuan dari manajemen ini adalah untuk mewujudkan tujuan dari suatu organisasi, atau mewujudkan target yang diinginkan, sehingga pekerjaan tersebut bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Apa sih efektif dan efisien itu?

Efisien adalah kemampuan untuk memperoleh dengan hasil terbesar dengan input terkecil . Sedangkan efektif adalah kemampuan menyelesaikan kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat dicapai dengan benar.

Intinya, efisien itu kemampuan memilih pekerjaan dengan baik dan benar, sedangkan efektif adalah kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar.

Setiap organisasi tentulah mempunyai satu atau beberapa tujuan yang menentukan arah dan menyatukan pandangan unsur manajemen yang terdapat dalam organisasi tersebut. Sudah tentulah tujuan yang ingin dicapai kedepannya adalah suatu keadaan yang lebih baik dari pada keadaan sebelumnya.

Ada juga yang mengatakan manajemen adalah seni untuk mengatur. Apa hubungannya dengan seni? Padahal manajemen kan tidak berhubungan dengan kesenian.

Misalnya saja seperti ini, ada seorang dosen yang mengajar di tiga kelas, dan siswa-siswa tersebut memiliki sikap dan perilaku yang berbeda-beda. Kelas A kebanyakan siswanya susah untuk menangkap pelajaran yang diberikan, sedanglan kelas B kebanyakan siswanya dapat dengan mudah menerima pelajaran, dan kelas C karena jumlah laki-laki lebih banyak dan situasi kelas sering ribut akhirnya materi agak susah untuk diberikan. Bagaimanakah cara dosen ini supaya materi yang diajarkannya bisa diterima baik oleh semua siswanya di tiga kelas tersebut.

Dosen tersebut menggunakan prinsip manajemen, di kelas A dia mencoba untuk menerangkan pelajaran dengan bahasa yang mudah untuk dicerna, dengan pelan-pelan, dan membuat bimbingan di luar jam perkuliahan. Di kelas B, dosen tersebut tidak harus susah payah lagi karena siswanya pintar-pintar sehingga dosen tersebut bisa menerangkan dengan cepat. Di kelas C, dosen tersebut membuat grup belajar supaya suasana belajar di dalam kelas bisa lebih kondusif.

Begitulah contoh cara menggunakan ilmu manajemen dalam pengajaran di kelas dan manajemen disebut sebagai seni untuk mengatur karena bisa mengatur berbagai macam sifat dan perilaku manusia untuk mencapai tujuannya.

B. UNSUR-UNSUR MANAJEMEN

Pencapaian tujuan ini dapat dicapai dicapai dengan melaksanakan proses manajemen yang tepat. Masih ingat kan dengan 4P ini, umumnya ada yang menuliskan 4 fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Itu semua kalau dilihat pada suatu kegiatan fungsi tersebut dilakukan secara berurutan.

Umumnya, ada beberapa proses dan fungsi yang biasa diiemplementasikan dalam kegiatan manajemen yaitu:

  • Perencanaan
Perencaaan merupakan suatu proses yang meliputi upaya yang dijalankan guna mengantisispasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi maupun taktik yang tepat guna merealisasikan tujuan dan target organisasi.

  • Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan suatu proses yang meliputi bagaimana taktik serta strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif serta bisa memberikan kepastian bahwa pihak-pihak yang ada di dalam organisasi bisa bekerja secara efisien dan efektif untuk pencapaian tujuan yang ditetapkan.

  • Pelaksanaan
Pelaksanaan adalah tahap dimana program diimplementasikan atau diterapkan supaya bisa dilakukan oleh semua pihak dalam sebuah organisasi dan juga proses memotivasi supaya pihak-pihak tersebut bisa melaksanakan tanggung jawab dengan kesadaran penuh dna tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

  • Pengendalian
Pengendalian adalah proses yang dijalankan guna rangkaian aktivitas yang sudah direncanakan dan diorganisasikan serta memastikan apakah perencanaan sudah berjalan dengan semestinya sesuai target yang telah diharapkan walaupun ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam lingkungan yang dihadapi.

C.      JENIS-JENIS MANAJEMEN
Dalam sebuah perusahaan jenis-jenis manajemen berbeda-beda sesuai dengan kondisi perusahaan,
tapi pada umumnya jenis-jenis manajemen dibagi menjadi empat (4), di antaranya:
  • Manajemen Sumber Daya Manusia : Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana SDM yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan atau pun bertambah.
  • Manajemen Operasional : Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefesien mungkin, mulai dari pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
  • Manajemen Pemasaran : Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
  • Manajemen Keuangan : Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.

Itulah penjelasan singkat saya mengenai pengantar ilmu manajemen. Memang untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan haruslah direncanakan dan diatur dengan baik agar bisa terwujud sesuai dengan target kita. Hasil yang kita peroleh pastinya akan sesuai dengan apa yang sudah kita usahakan sebelumnya. Tapi saya ingatkan, ilmu manajemen di atas hanyalah salah satu wasilah atau jalan yang bisa kita lakukan untuk mencapai target kita.

Banyak orang yang malas untuk merencakan tujuannya, alasannya sepele yaitu tidak tahu caranya bagaimana, atau tidak tahu cari informasinya dimana, atau tidak tahu harus belajar ke siapa. Padahal kita tahu jaman sekarang sudah ada teknologi yang canggih yang bahkan hampir semua orang bisa mendapatkan dan menggunakannya.

Marilah kita berusaha dengan sekeras tenaga untuk mewujudkan keinginan kita, jangan hanya jadi angan-angan semata. Kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin, berdoa kepada Rab kita, dan beramal untuk mewujudkan keinginan kita. Masalah terwujud atau tidak biarlah Rab yang menentukan karena Rab yang lebih mengerti apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita minta, Right?

Semoga apa yang kalian cita-cita bisa terwujud. Terima kasih juga kepada pembaca setia yang membaca artikel saya sampai akhir. Sampai jumpa di artikel saya yang selanjutnya.


Sumber:
  • Drs. Alam S., MM. Ekonimi untuk SMA dan MA Kelas XII Standar 2006. Esis.
  • Yayat M. Herujito, Dasar-Dasar Manajemen, Grasindo.
  • Hasanuddin Rahman daeng Naja, 2004 Manajemen Fit & Proper Test. Pustaka Widua Tama, Yogyakarta.
  • nichonotes.blogspot.co.id
  • ielmy.wordpress.com
  • seputarpengetahuan.com
  • apapengertianahli.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Bintang Kampus | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com